animasi berjalan

Welcome to my blog..... Thank's to visit...!

Kamis, 03 Februari 2011

menuliskan naskah drama berdasarkan cerpen

1.UNSUR INTRINSTIK DRAMA

Sebagaimana jenis cerita yang lain,drama juga memiliki unsur2 pembangunan yang harus kalian ketahui sebelum menulis naskah drama.Unsur-unsur itu sebagai berikut:
 a.latar/setting
 ~Tempat/waktu peristiwa cerita dalim menulis naskah drama harus dijelaskan tata panggung untuk menyatakan latar/setting.
 b.alur
  ~perjalan cerita ,dari satu babak ke babak yang lain harus menunjukkan jalinan cerita yang mengikuti tahapan alur cerita .
 c.tokoh/pelaku
  ~perwatakan ,melalui dialog pelaku harus dapat menunjukkan perwatakan para tokoh nya.
 d.dialog
  ~ciri khas naskah darma adalah wujud nya berupa dialog atau percakapan satu tokoh dengan tokoh yang lain setiap babak.
 e.gesture
 ~ekspresi tokoh dalam bermain peran ,gerakan,blocking dan laku yang lain yang harus dilakukan oleh pelaku harus tertulis pada naskah.
f..properti/kelengkapan
pada setiap babak harus dijelaskan peralatan panggung dan juga peralatan pendukung seperti lampu,pengeras suara dan sebagai nya.

2.CERPEN SEBAGAI SUMBER IDE.
=)Ide cerita bisa tentang permaslahan apa saja.namuan demikian ide cerita tidak datang setiap saat.bahkan sering terjadi seorang pengarang cerita kering ide.untuk mengatasi minimnya inspirasi cerita atau ide cerita kalian bisa memenfaat kan bahan cerita bentuk lain untuk diubah naskah drama.nah untuk kesempatan awal ini kalian bisa memulai menulis naskah drama dengan cerita yamg diambil dari cerpen

3.DARI NARASI MENJADI DIALOG
=)Naskah atau skenario baik untuk film,sandiwara,sinetron,atau drama berbentuk dialog2 disertai petunjuk2 teknus pengucapan ekspresi maupun gerak..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar